Tips Merawat Mobil Agar Selalu Prima Dan Awet

Jika Anda memutuskan untuk memiliki mobil, maka Anda juga harus bertanggung jawab untuk memberikan semua hal yang terbaik. Seperti menggunakan asuransi mobil terbaik MSIG untuk perlindungan maksimal, dan pastinya perawatan yang terbaik. Hal ini untuk menjaga agar performa mobil tetap prima dan mobil bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Apalagi jika mobil adalah kendaraan pokok Anda yang setiap hari selalu digunakan untuk kepentingan pekerjaan. Sehingga perawatan menjadi sangat penting untuk selalu diperhatikan agar tidak terjadi masalah ketika sedang mengendarainya.

Tips Merawat Mobil

  1. Rutin Mengecek Oli

Selain bensin, oli adalah hal utama yang harus Anda cek secara rutin. Berdasarkan aturan secara umum, penggantian oli sebaiknya dilakukan selama 6 bulan sekali. Selain itu, oli juga perlu diganti jika Anda merasakan mesin mobil sudah kasar dan tekstur oli yang sudah encer dengan warna yang hitam.

  1. Pengecekan Kopling dan Rem

Hal yang tidak kalah penting dan menyangkut keamanan Anda adalah kopling dan rem mobil. Lakukan penggantian kampas kopling jika kondisinya sudah aus dan mengganti minyak rem saat sudah terlalu cair. Dengan begitu, berkendara Anda pun bisa lebih ringan dan nyaman.

  1. Pengecekan Aki

Aki mobi juga jangan terlewat untuk selalu diperiksa. Anda harus memastikan bahwa air aki mobil Anda dalam kondisi di antara garis batas penanda. Jangan sampai air aki Anda kekurangan air. Atau Anda juga bisa mengukur tegangannya dengan menggunakan voltmeter. Untuk pengguna aki kering, bisa memberikan tanggal pada aki sehingga Anda mengetahui kapan waktunya mengganti aki dengan yang baru (saat usia pakai sudah habis).

  1. Periksa Selalu Kondisi Ban

Bagi sebuah mobil, ban Anda salah satu bagian terpenting yang menentukan kenyamanan Anda berkendara. Jika kurang angin, maka perjalanan tidak akan lancar. Apalagi jika sampai ban menjadi aus. Maka hal berbahaya bisa terjadi. Jadi, sebelum melakukan perjalanan sebaiknya cek dahulu kondisi ban Anda agar diperjalanan tidak terjadi gangguan yang bisa menghambat aktivitas Anda. Untuk membantu agar ban awet, Anda juga sebaiknya melakukan rotasi ban secara berkala. Hal ini akan membuat keausan pada permukaan ban menjadi lebih rata.

  1. Lakukan Servis Rutin Di Bengkel Resmi

Pastikan Anda juga membawa mobil ke bengkel resmi untuk melakukan servis secara rutin. Dengan memilih bengkel resmi, maka perawatan mobil akan ditangani secara maksimal oleh tenaga yang profesional. Dan tentunya semua akan dicek secara detail, sehingga seolah-olah Anda sedang mengendarai mobil baru. Tidak hanya itu, perawatan mobil yang dilakukan bukan di bengkel resmi juga bisa berdampak pada hilangnya garansi mobil dan beberapa komponen.

Dengan melakukan beberapa perawatan di atas, mobil akan selalu berada dalam kondisi yang prima. Jadi Anda bisa selalu menggunakannya secara aman dan nyaman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *