Proses Peminjaman Pada Platform Peer to Peer Lending

Kini banyak perusahaan fintech atau pinjaman online yang menjamur dan juga memberi penawaran menggiurkan bagi orang yang terkadang tidak terlalu membutuhkan dana tersebut. Namun dibalik itu semua, ada perusahaan peer to peer lending yang juga memberi pendanaan atau pinjaman uang namun dengan sistem yang berbeda dan memiliki manfaat yang lebih baik bagi orang yang membutuhkan dana.

Apa itu peer to peer lending? Peer to Peer Lending adalah sistem peminjaman uang yang dilakukan secara online. Dalam hal ini, pihak yang membutuhkan pinjaman uang, misalnya pengusaha mikro, akan dipertemukan dengan penyedia dana yang ingin melakukan investasi yang cukup berbeda dibandingkan dengan lainnya. Sebut saja Amartha, merupakan salah satu platform P2P Lending di Indonesia.

Proses Pinjaman P2P Lending

Ada beberapa platform P2P Lending di Indonesia yang dapat Anda pelajari konsepnya terlebih dahulu. Diantara sekian banyak platform P2P Lending, Amarta memberikan beberapa keuntungan baik pada pihak pendana maupun peminjam. Dapat dikatakan bahwa P2P Lending yang disediakan Amarta tidak semata-mata hanya proses pinjam dan meminjam uang antara kedua belah pihak.

  • Pembentukan Kelompok

Salah satu yang membuat Amarta berbeda adalah karena sistem pinjamannya yang harus dilakukan secara berkelompok. Untuk meminjam dana, akan dikumpulkan sebanyak 15 hingga 20 orang yang memiliki domisili berdekatan sehingga kelompok ini akan lebih mudah untuk dikumpulkan. Tujuan lainnya juga agar dapat bergotong royong saat salah satu dari mereka terkendala masalah pembayaran.

  • Penerima Pendanaan

Setelah melalui evaluasi dari profil usaha, maka pihak pendana berhak untuk menentukan untuk memberi pinjaman dana atau tidak. Dalam evaluasi ini ada beberapa poin yang akan dinilai oleh pendana. Setelah penerima mendapatkan dana, maka usahanya akan dikembangkan dengan bantuan oleh pihak Amarta agar dana yang diterima tidak terbuang sia-sia dan tearah dengan baik dan benar.

  • Pertemuan Mingguan

Yang menarik dari peer to peer terbaik dari Amarta adalah adanya pertemuan yang diadakan dan difasilitasi oleh pihak Amarta. Inilah yang membuat perusahaan ini berbeda dengan jenis P2P lainnya karena adanya pelatihan dalam bidang keuangan, kedisiplinan dalam menjalani usaha, serta kiat-kiat pengelolaan bisnis kecil agar tetap berjalan dan mendapatkan penjualan secara stabil.

Proses pinjaman yang cukup mudah ini tentu membuat keuntungan pada kedua belah pihak. Di satu sisi, penerima dana dapat memanfaatkan dana yang dipinjamkan dengan maksimal dengan membuka usaha mikro sesuai dengan minat Mereka serta diberikan pelatihan terpadu oleh pihak P2P Lending. Di sisi lain, pendana juga memberikan pinjaman dana pada orang yang benar-benar tepat dan membutuhkan.

 

Anda yang ingin mendirikan sebuah usaha namun memiliki keterbatasan modal, Peer to Peer Lending merupakan sebuah solusi bagi keterbatasan Anda. Terutama untuk Anda yang masih tinggal di pedesaan dan ingin memanfaatkan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di sekitar Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *