Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

Seledri merupakan salah satu sayuran yang dipercaya memiliki kalori yang rendah sehinga sering digunakan sebagai makanan diet. Seledri ini memang memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang mungkin mengejutkan kalian.

Berikut adalah lima alasan kalian harus menambahkan seledri pada makanan kalian dan beberapa resep yang mudah untuk membuatnya.

  1. Seledri adalah sumber antioksidan penting. Antioksidan ini berguna untuk melindungi sel, pembuluh darah dan organ dari kerusakan oksidatif. Seledri mengandung vitamin c, beta karoten dan flavonoid tetapi seledri juga memiliki 12 nutrisi antioksidan lain yang ditemukan dalam satu tangkai. Hal tersebut juga merupakan sumber fitonutrien yang luar biasa yang telah terbukti bisa megurangi terjadinya peradangan pada saluran pencernaan, sel pembuluh darah dan organ lain.
  2. Manfaat daun seledri yang lain yaitu seledri bisa mengurangi peradangan. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan banyak penyakit seperti radang sendi dan juga osteoporosis. Seledri memiliki senyawa anti-inflamasi yang dapat menawarkan perlindungan terhadap peradangan dalam tubuh.
  3. Seledri dapat mendukung saluran pencernaan. Nutrisi antioksidan dan antiinflamasi pada seledri juga dipercaya bisa memberikan perlindungan ke seluruh saluran pencernaan, seledri dapat memberikan manfaat khusus untuk perut. Kandungan polisakarida berbasis pectin pada seledri adalah senyawa yang termasuk kedalam senyawa apiuman, yang telah terbukti mengurangi kejadian sakit maag, memperbaiki lapisan lambung dan juga memodulasi sekresi lambung. Dan seledri juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Hampir 95 persen adalah air ditambah dengan jumlah serat yang banyak. Semua itu sangat mendukung saluran pencernaan yang sehat dan membuat eksresi kalian akan teratur. Satu cangkir batang seledri memiliki 5 gram serat makanan.
  4. Seledri kaya akan vitamin dan mineral dengan indeks glikemik yang rendah. Dengan menkonsumsi seledri kita bisa mendapatkan vitamin A, K dan C dan juga ditambah mineral seperti kalium dan folat. Seledri juga rendah sodium plus memiliki indeks glikemik yang rendah yang bisa memberikan kestabilan gula darah.
  5. Memiliki efek alkaliasi dengan mineral seperti magnesium, zat besi dan natrium. Seledri dapat memberikan efek mentralkan pada makanan asam, belum lagi fakta bahwa mineral diperlukan untuk fungsi tubuh yang sangat penting.

Kami tidak hanya memberikan manfaat dari seledri tapi kami juga akan memberikan tips dan trik membeli dan menyimpan seledri.

Cara memilih seledri yang baik yaitu pilihlah yang batangnya tidak mudah patah saat kita menariknya, daunnya harus yang masih segar warna daun yang segar yaitu warna pucat hingga hijau cerah, jangan memilih seledri dengan bercak kuning atau coklat.untuk menyajikan sledri seledri harus dipotong saat sesaat sebelum dimasak atau disajikan, karena apabila seledri yang telah dipotong kemudia disimpan dalam jangka waktu beberapa jam saja akan kehilangan sebagian nutrisinya.

Cara memasak seledri yang paling baik yaitu dengan di kukus, seledri yang di kukus akan mempertahankan rasa dan juga mempertahankan nutrisi yang terkandung dalam seledri.seledri dapat dikonsumsi dalam waktu lima sampai tujuh hari, dengan makan seledri dalam waktu lima sampai tujuh hari akan membuat kalian merasakan manfaat seledri secara maksimal.

Selalu beli seledri yang segar usahakan beli hanya untuk disimpan 2 hari, kemudian hari selanutnya beli yang baru dan masih segar, karena ditakutkan seledri sudah tidak segar dan kandungan senyawa baiknya berkurang sehingga khasiat yang dirasakan akan sedikit berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *