Jaga Performa Mobil Bekas dengan Beberapa Hal Sederhana Berikut

Ada segelintir alasan mengapa masyarakat lebih suka mencari promo mobil bekas online dibandingkan dengan mobil baru. Mulai dari harganya yang lebih murah, kualitas mobil bekas yang masih bagus dan cukup bersaing dengan mobil baru, nilai penyusutannya yang lebih kecil, hingga harga jual kembali mobil bekas yang lebih stabil. Terlebih, merawat mobil bekas juga tidak perlu susah-susah. Sebab, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal mudah berikut untuk senantiasa menjaga performanya:

  1. Ganti Oli Secara Teratur

Oli adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk melindungi mesin mobil. Pasalnya, cairan ini dapat mencegah gesekan mesin agar tidak mudah terbakar atau macet. Untuk itu, mengganti oli secara rutin harus dilakukan ketika kendaraan sudah menempuh jarak 3000 hingga 5000 kilometer. Selain oli mesin, Anda juga harus memeriksa oli power steering agar tetap nyaman saat berkendara.

  1. Selalu Cek Air Radiator

Selanjutnya, Anda juga harus sering mengecek air radiator karena ini sangat penting. Bagaimana tidak, air radiator berfungsi untuk menstabilkan suhu pada mesin sehingga mobil tidak mengalami overheat.

Untuk tahu berapa sisa air radiator mobil, Anda cukup melihat indikator level yang ada pada tabung air radiator. Apabila ketinggian air berada di antara level ‘min.’ dan ‘max.’ atau ‘low’ dan ‘high’, maka ketersediaan itu sudah cukup. Namun apabila ketinggian air ada di bawah batas terendah, tentu Anda harus menambahkan coolant atau air pendingin radiator ini. Ingat, jangan membuka apalagi mengisi coolant ketika mesin mobil dalam kondisi panas, ya.

  1. Cek Rutin Keadaan Knalpot

Selanjutnya, Anda juga harus mengecek keadaan knalpot mobil karena itu adalah tempat pembuangan gas. Knalpot sering luput dari perawatan karena memiliki tampilan yang kotor dan berada di bagian bawah.

Padahal, bagian ini penting sekali dirawat, mengingat knalpot sering mengalami penyumbatan. Apabila tidak dibersihkan secara rutin, bisa saja banyak air atau kotoran menyumbat knalpot mobil Anda. Jika sudah begini, tenaga mobil dapat berkurang saat digunakan.

  1. Lakukan Tune Up Rutin

Walaupun mobil bekas, Anda tetap harus melakukan tune up secara rutin ke bengkel resmi. Pada proses tune up, teknisi akan melakukan perawatan sesuai prosedur dan standar. Semua komponen pada mobil akan dibersihkan dan diperiksa secara menyeluruh.

Jika memang ada komponen yang harus diganti, maka sebaiknya diganti. Walaupun mungkin komponen belum rusak total, tetapi bisa saja ia berisiko fatal apabila terus digunakan untuk pemakaian jangka panjang.

  1. Periksa Kondisi Ban secara Berkala

Ban mobil bekas tentunya sudah digunakan untuk perjalanan yang tak sebentar. Oleh karena itu, terkadang ban juga lebih cepat mengalami penyusutan karena bergesekan dengan permukaan jalan. Hal ini akan memengaruhi kenyamanan serta keamanan dalam berkendara. Jika ban mobil terlihat sudah halus atau retak, maka harus segera diganti.

Itulah dia beberapa hal sederhana yang harus Anda lakukan agar mobil bekas selalu terawat dan sehat. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan mobil bekas dalam waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *